Hades, Lord of Underworld



Name: Hades, Haides, Pluto (Roma)
Orang TuaCronus dan Rhea
SaudaraHestia, HeraDemeter, PoseidonZeus
PasanganPersephone
ItemsFork, Darkness Helmet
NatureUnderworld, Mount Olympus
Hades atau Haides adalah dewa yang muncul dalam mitologi Yunani. Dia adalah salah satu penguasa Bumi yang menguasai Dunia Bawah (Underworld). Hades, merupakan anak lelaki tertua dari anak-anak Kronos dan Rhea. Hades memiliki anjing berkepala tiga yang bernama Cerberus. Secara harafiah, Hades sendiri berarti "Underworld".



Origins of Hades


Hades merupakan anak lelaki tertua dari Kronos dan Rhea. Saat terlahir, dia ditelan bulat-bulat oleh ayahnya karena takut akan kutukan yang menimpanya. Namun setelah Zeus berhasil membuat Kronos meminum ramuan dari Gaia, Hades berhasil keluar dari perut Kronos. Dia berserta para saudaranya akhirnya berperang melawan para Titans (termasuk ayahnya sendiri). Dalam peperangan antar dewa yang dikenal sebagai Titanomachy, Hades dilengkapi dengan helm legendaris buatan para Cyclops yang dikenal sebagai Helm Kegelapan. Dalam perang agung yang berlangsung selama 10 tahun tersebut, Hades dan para saudara-saudarinya memenangkan perang tersebut yang akhirnya menguasai bumi.

The Underworld


Setelah perang usai, Hades beserta kedua adiknya melakukan undian untuk berbagi daerah kekuasaan. Akhirnya dengan berat hati, Hades mendapat daerah kekuasaan di Dunia Bawah (Underworld). Di sana terdapat daerah dimana roh akan mendapat kemuliaan, hukuman, bahkan tidak keduanya. Namun Dunia Bawah tidak bisa disebut Surga/Neraka. Orang yang sudah meninggal, rohnya harus menyeberangi sungai Acheron dan Styx. Setelah itu mereka akan diadili.

Underworld sendiri terbagi menjadi beberapa daerah:

1.) Elysium, adalah sebuah daerah dimana orang yang mati mendapat kemuliaan setelah diadili. Menurut sejarawan mitologi, Elysium berlokasi di bagian bumi paling barat (dari Yunani), dekat dengan arus Oceanus. Elysium atau Lapangan Elysia (Elysian Fields) adalah tempat dimana roh tidak mendapat tugas atau pekerjaan apapun. Konon, seorang filsuf terkenal, Socrates, masuk ke Elysium.
2.) Isles of the Blessed, adalah pulau kecil di Elysium. Ketika roh berhasil masuk Elysium, mereka akan ditawari untuk tinggal atau hidup kembali. Jika seseorang berhasil dihidupkan 3x dan masuk ke Elysium 3x, maka dia akan tinggal di Isles of the Blessed dan mendapat kemuliaan abadi.
3.) Padang Asphodel, adalah sebuah daerah dimana berisi roh yang memiliki predikat netral (kebaikan dan keburunkannya seimbang). Disebutkan bahwa roh yang menempati daerah ini, mereka akan melakukan aktivitas harian yang telah ditugaskan. Konon, di Asphodel terkenal dengan bunganya sebagai makanan favorit penghuni Underworld.
4.) Lapangan Penyiksaan, adalah tempat dimana roh akan disiksa selamanya. Biasanya, roh yang masuk tempat ini adalah mereka yang melakukan kejahatan semasa hidupnya (terutama yang melawan dewa). Sebuah konsep yang identik dengan Neraka.
5.) Tartarus, adalah tempat dimana semua monster bahkan dewa dipenjarakan. Sebenarnya Tartarus tidak termasuk dalam daerah Hades karena terletak dibawah Underworld sendiri. Konon, tempat ini sangat gelap bahkan lebih gelap dari Lapangan Penyiksaan. Kronus dianggap sebagai penguasa Tartarus walaupun sebenarnya dia juga dipenjara disana.
Di Underworld sendiri terdapat sungai besar yang disebut sebagai Styx dan beberapa anak sungai kecil yang menuju suatu tempat:

1.) Acheron, adalah sungai yang menuju langsung ke kediaman Hades. Semua roh harus menyeberangi sungai ini yang diantar oleh Charon (Ferryman) kepada Hades untuk diadili. Biasanya orang yang meninggal, akan ditinggalkan beberapa koin di mulutnya. Koin ini yang nantinya akan digunakan untuk membayar Charon untuk menyeberang sungai. 

2.) Lethe, adalah sungai yang menuju ke Dewi Pengampunan, Lethe.

3.) Cocytus, disebut juga sebagai Sungai Peratapan.

4.) Plegethon, adalah sungai api yang menurut Plato, langsung menuju ke Tartarus.


The Beautiful Persephone

Suatu hari, Hades melihat seorang wanita sedang mengendarai kereta di bumi dan kemudian jatuh cinta. Wanita cantik itu bernama Persephone yang ternyata adalah anak dari Demeter (saudarinya). Hades meminta izin kepada Zeus untuk menikahi Persephone. Zeus sebenarnya merestui, namun dia takut bahwa ibunya yang tidak merestuinya. Bagaimanapun juga, akhirnya Zeus membantu Hades untuk mendapatkan Persephone.

Beberapa hari berikutnya, Persephone pergi berjalan-jalan lagi. Zeus membuka jalan ke sebuah taman indah yang disebut Nysa. Karena tergiur, Persephone pergi bermain-main disana. Tiba-tiba, bumi terbelah dan sebuah kereta kencana meluncur dari dalamnya yang ternyata ditunggangi Hades. Dengan cepat, Hades meraih Persephone dan membawanya ke Underworld. 

Demeter dengan cepat menyadari bahwa putrinya menghilang dari muka bumi. Dia marah dan membuat bencana kekeringan di setiap tempat yang dilewatinya untuk mencari Persephone. Melihat hal itu, Zeus dan dewa-dewa lain menjadi khawatir bahwa akan banyak manusia yang mati karena kemarahan Demeter. Secara diam-diam, Zeus pergi menemui Hades dan memberitahu keadaan tersebut. Sebelum melepaskan Persephone, Hades memberi sebuah buah yang kemudian dimakan tanpa menyadari bahwa setiap orang yang memakan makanan dari Underworld maka harus tinggal disana. Akhirnya Zeus membawa kembali Persephone ke ibunya dan menjelaskan semuanya. Persephone boleh tinggal dengan ibunya namun dengan syarat bahwa setiap musim dingin dan gugur, Persephone harus kembali ke Underwold untuk melayani Hades sebagai istrinya.


Hades In Modern Era


Hades muncul dalam film kartun Disney berjudul Hercules dan muncul dengan identitas yang sama. Namun dengan penggambaran karakter antara jahat dan konyol.

Hades muncul dalam film mitologi-komedi, Percy Jackson and the Olympians: The Lightning Thief dengan penggambaran ala rocker.

Di film epic Clash of the Titans (1981), Clash of the Titans (2010) dan Wrath of the Titans (2012), Hades muncul sebagai sosok epic lengkap dengan armor dan senjata yang mengagumkan.

Hades juga muncul dalam beberapa literatur dan karya seni.



Referensi: 




DMCA.com Protection Status


Komentar