Anne Bonny



Anne Bonny adalah seorang wanita kelahiran Irlandia yang terkenal karena menjadi bajak laut. Dia berlayar di Lautan Karibia dengan kehidupan yang misterius.

Origins of Anne Bonny



Tidak banyak yang diketahui tentang masa kecil Anne. Namun diyakini bahwa Anne lahir di Kepulauan Bahama pada tanggal 8 Maret antara tahun 1697-1700. Catatan yang paling terkenal ada di dalam buku A General History of the Pyrates milik Charles Johnson. Keluarga Anne selalu berpindah-pindah. Saat tiba di Amerika Utara, ibunya meninggal. Ayahnya mencoba bekerja sebagai pengacara, namun tidak berjalan lancar. Kemudian ayah Anne mencoba berbisnis dengan para pedagang yang akhirnya menghasilkan keuntungan besar. Anne adalah seorang wanita dengan rambut berwarna merah. Dia juga dikenal sebagai orang yang ber-tempramen tinggi. Pada saat usia 13, dia pernah menusuk seorang pelayan wanita dengan pisau. Anne menikahi seorang pelaut miskin yang pernah menjadi bajak laut hanya beberapa lama, yang bernama James Bonny.



Era Bajak Laut



Ketika di Kepulauan Bahama, Anne mulai bergaul dengan bajak laut di kedai minuman setempat. Dia kemudian bertemu dengan seorang bajak laut yang bernama John "Calico Jack" Rackham. Anne menjadi wanita Rackham walaupun sudah memiliki seorang anak di Kuba yang diberinama Cunningham. Hubungan Anne dengan Rackham diketahui oleh James. Rackham berniat untuk membeli Anne dengan paksa namun ditolak. Kemudian Anne kabur dan bergabung dengan Rackham. Dia bertemu dengan seorang bajak laut wanita lain yang bernama Mary Read. Rackham, Anne dan Mary mencuri kapal di pelabuhan Nassau yang bernama Revenge. Kemudian mereka mencari orang untuk dijadikan kru.

Selama beberapa bulan, mereka berhasil menjadi bajak laut. Mereka menangkap beberapa kapal dan menjarah hartanya. Tidak seperti bajak laut lain, Bonny tidak pernah menyembunyikan identitasnya sebagai wanita ketika berlayar. Dia juga ikut bertarung bersama para pria. Keberaniannya sangat dihormati oleh kru lain. Walaupun Bonny dikenal sebagai bajak laut Karibia, tapi dia tidak pernah memimpin kapal sesuai kehendaknya sendiri. Tak lama setelah itu, Gubernur Rogers mencantumkan nama mereka di daftar Pencarian Bajak Laut yang diterbitkan surat kabar Boston.


Penangkapan



Pada bulan Oktober 1720, Rackham diserang oleh kapal kerajaan yang dipimpin oleh Jonathan Barnet dengan perintah dari Gubernur Jamaika. Kebanyakan kru Rackham tidak bisa melawan karena sedang mabuk. Namun bagaimanapun juga Bonny, Read dan seorang pria mencoba menghalau serangan Barnet untuk beberapa saat.

Rackham dan kru nya akhirnya kalah dan dibawa ke Jamaika dimana mereka akan menunggu keputusan pengadilan. Akhirnya mereka semua diputuskan untuk dihukum gantung. Bonny dan Read meminta pengampunan karena saat itu mereka sedang hamil. Namun hukum mengatakan bahwa hukuman gantung mereka akan ditunda hingga anak mereka terlahir. Mary Read tewas saat masih di dalam penjara. Diyakini dia meninggal karena demam atau saat melahirkan. Bagaimanapun juga, tidak terdengar lagi kabar mengenai Anne Bonny setelah itu.


Menghilangnya Anne




Menghilangnya Bonny secara misterius meninggalkan beberapa spekulasi yang masih bermunculan hingga kini. Tidak ada catatan sejarah bahwa Bonny lepas dari hukuman. Namun teori lain menyebutkan bahwa ayahnya berhasil menebus Bonny dari hukuman dan kembali dengan suaminya, James Bonny. Ada juga yang menyebutkan bahwa dia melanjutkan kehidupan sebagai bajak laut namun dengan identitas lain.

Teori lain menyebutkan bahwa setelah ditebus oleh ayahnya, Bonny dibawa ke Charles Town dimana dia melahirkan anak kedua Rackham. Kemudian dia menikahi seorang penduduk lokal dan memiliki 10 anak. Bonny meninggal di South Carolina pada 22 April 1782 dan dimakamkan 2 hari kemudian.



Ada juga teori yang menyatakan bahwa Anne selalu lolos dari hukuman karena ayahnya adalah seorang pedagan terhormat. Saat itu ayah Anne sedang menjalin hubungan dagang dengan Jamaika. Sehingga ketika anaknya tertangkap, dengan mudah dapat dibebaskan.

Bagaimanapun juga kehidupan Anne Bonny sang bajak laut wanita masih diliputi misteri hingga sekarang.




Bonny Dalam Anime


Karakter Anne Bonny juga muncul dalam serial manga One Piece dengan nama Jewelry Bonney. Diceritakan bahwa Bonney adalah bajak laut wanita dengan harga kepala 140.000.000 .

Referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/Anne_Bonny



Komentar