Mary Read



Mary Read adalah seorang bajak laut asal Inggris. Dia terkenal sebagai bajak laut wanita yang pernah berlayar pada Era Keemasan Bajak Laut bersama teman sekapalnya, Anne Bonny.
Origins of Mary Read

Mary Read dilahirkan di Inggris namun tidak ada yang tahu pasti kapan tanggal atau bulan dia lahir. Namun diketahui bahwa dia lahir sekitar tahun 1700. Nyonya Read (sudah menjadi janda) membesarkan dan mendadani Mary seperti anak laki-laki setelah kematian kakak pria Mary. Hal ini dilakukan agar keluarganya selalu mendapat dukungan dana dari nenek Mary (pihak ayah). Sang nenek berhasil ditipu dan Mary serta ibunya dapat terus hidup hingga masa remaja Mary. Kemudian Mary bekerja sebagai pelayan di sebuah kapal.

Dia kemudian masuk dalam unit militer Britania yang saat itu beraliansi dengan Belanda untuk melawan Perancis (antara Perang Sembilan Tahun atau Perang Suksesi Spanyol). Mary yang menyamar sebagai laki-laki membuktikan kehebatannya dalam perang, namun dia jatuh cinta kepada seorang prajurit Flandria. Mereka berdua akhirnya menikah dan Mary menggunakan uang komisi militer serta hadiah-hadiah semasa perang sebagai pemenuh kebutuhan. Bahkan mereka sempat membeli sebuah penginapan yang diberi nama De drie hoefijzers (The Three Horseshoes - trans: Tiga Tapal Kuda) di dekat Kastil Breda di Belanda. Setelah kematian suaminya, Mary melanjutkan mengenakan pakaian pria dan bertugas di unit pelayanan militer Belanda. Karena tidak ada kenaikan pangkat, akhirnya dia keluar dan menumpang kapal menuju India Barat.


Awal Karir Read



Kapal tempat Read bekerja diambil alih oleh bajak laut dan dia terpaksa menjadi kru bajak laut. Sekitar tahun 1718-1719, Read menerima pengampunan kerajaan dan bekerja sebagai privateer, namun berakhir karena terjadi sebuah penghianatan. Pada tahun 1720 Read bergabung dengan bajak laut bernama Calico Jack yang saat itu juga berlayar bersama wanita bernama Anne Bonny.

Read tetap menyembunyikan identitasnya sebagai wanita hingga suatu saat Bonny mulai tertarik karena penampilan Read yang relatif tampan. Akhirnya Read membongkar identitasnya di hadapan Bonny bahwa dia adalah wanita. Akan tetapi sang kapten, Calico Jack yang notabene adalah suami Bonny cemburu melihat kedekatan Bonny dan Read. Dia hampir merobek perut Read hingga akhirnya Read kembali membongkar jati dirinya. Sang Kapten kemudian membiarkan Read tetap berlayar dengannya sebagai wanita.



Di tengah pelayaran sekitar 1720, kapten Jack menangkap beberapa tawanan dan menjadikan mereka pelayan di kapal. Read mulai jatuh cinta kepada salah seorang tawanan. Suatu hari, kekasih Read akan berduel secara rahasia dengan salah satu kru. Mendengar hal itu, Read membunuh kru tersebut sebelum sempat berduel dengan kekasihnya karena dia tidak ingin kekasihnya terluka.


Akhir Karir Read



Pada Oktober 1720, mereka diserang oleh kapal pemburu bajak laut yang dipimpin oleh Kapten Jonathan Barnet dibawah perintah Gubernur Jamaika. Karena kebanyakan kru Jack sudah mabuk, mereka tidak bisa memberikan banyak perlawanan. Selama pertempuran, Read sempat membunuh beberapa kru Barnet hingga akhirnya kapten Jack menyerah dan mereka semua dibawa ke Jamaika untuk diadili. Read dan Bonny meminta penundaan hukuman gantung karena saat itu sedang hamil. Akhirnya mereka berdua dipenjara hingga anak mereka terlahir. Namun Read meninggal di dalam penjara karena suatu penyakit sebelum anaknya berhasil dilahirkan. Sementara itu kabar mengenai Bonny menghilang begitu saja.


Referensi: 



Komentar