Leshy, Roh Hutan Mitologi Slavia


Nama: Leshy, Leshi, Lesovik, Lesovy, Leshak, Lesnik, Lesun
Jenis: Spirit
Kediaman: Hutan

Leshy adalah roh hutan yang muncul dalam mitologi Slavia. Dia dikenal sebagai roh yang melindungi tanaman dan binatang. Ada juga versi wanita dari Leshy yang terkenal dengan sebutan Leshii dan juga anak-anak yang dikenal dengan sebutan Leshonki. Beberapa negara menjulukinya Woodman (Manusia Kayu).



Penampilan
Leshy biasanya digambarkan sebagai pria tinggi, namun dia juga dapat merubah ukuran dari sebesar rumput hingga pohon raksasa. Dia memiliki rambut dan jenggot yang berupa rumput dan tanaman rambat. Terkadang digambarkan memiliki ekor, kuku dan tanduk. Kulitnya berwarna putih pucat dan matanya berwarna hijau terang. Leshy memiliki ikatan dekat dengan serigala dan terkadang juga muncul dengan ditemani beruang. Dia juga sering digambarkan membawa sebuah gada. Konon, darahnya berawarna biru dan juga tidak memiliki bayangan.


Kebiasaan
Leshy melindungi hutan dan binatang yang menghuninya, serta memberitahukan kapan para binatang harus bermigrasi. Dia dapat berubah menjadi beberapa wujud. Dalam wujud manusia, dia terlihat seperti seorang petani dengan mata berpijar, dan mengenakan sepatu secara terbalik. Di beberapa dongeng, dia terkadang berwujud menjadi sebuah jamur raksasa yang dapat berbicara.

Petani dan penggembala terkadang meminta tolong kepada Leshy untuk menjaga ladang atau ternak mereka. Leshy dikenal memiliki kebiasaan buruk seperti menyembunyikan kapak penebang kayu, membuat sakit seseorang, bahkan menggelitik orang hingga tewas. Jika Leshy berpapasan dengan kalian, maka kalian bisa tersesat di hutan. Solusinya adalah dengan mengenakan baju kalian secara terbalik (bagian dalam diluar) dan menukar alas kaki kalian (sebelah kanan ke kiri, dan sebaliknya). Konon, jika kalian dapat berteman dengan Leshy, dia akan mengajari kalian rahasia sihir.



Pandangan Umum
Leshy terkenal sebagai roh yang nakal. Dia memiliki suara tangisan yang mengerikan. Ketika ada petualang yang tersesat, Leshy suka menggoda mereka dengan mengubah suara menjadi seperti seseorang yang mereka kenal, kemudian menggiringnya ke rumah Leshy, kemudian akan digelitik hingga tewas. Beberapa kisah menyebutkan bahwa Leshy suka menculik wanita muda.

Terkadang dalam satu kawasan hutan, terdapat lebih dari satu Leshy. Namun mereka akan berebut wilayah dengan cara bertarung atau merobohkan pohon hingga menakuti binatang.



Leshy Modern
Leshy seringkali muncul dalam dongeng-dongeng hingga novel. Beberapa game berbasis RPG juga pada umumnya memunculkan Leshy sebagai monster. Dalam salah satu seri film Supernatural, Leshy juga pernah muncul dalam salah satu episode.

Referensi:


Komentar