Shahrzad, Ratu 1001 Malam


Shahrzad atau dalam bahasa Inggris bernama Scheherazade (dikenal juga dengan nama Seherzada) adalah ratu Persia legendaris sekaligus orang yang diyakini pertama kali menceritakan dongeng Seribu Satu Malam.

Ulah Sang Raja Persia
Berawal dari seorang raja Persia dimana setiap hari dia akan menikahi seorang gadis dan bercinta selama satu malam. Namun keesokan harinya, sang wanita dipancung hingga tewas. Hal ini dia lakukan karena merasa sakit hati terhadap istri pertama yang mengkhianatinya. Sang Raja diduga telah membunuh sekitar seribu istri sebelum akhirnya dia bertemu dengan Shahrzad.


Shahrzad, Sang Wanita Cerdas
Shahrzad digambarkan sebagai wanita cantik yang bijaksana, cerdik, sopan serta menyenangkan. Dia juga seorang wanita yang "wanita" ketika diatas ranjang. Shahrzad diduga memiliki ribuan buku sejarah dari berbagai belahan dunia. Dia juga telah mempelajari filosofi, sains dan seni. Mungkin Shahrzad adalah satu-satunya wanita yang memiliki ilmu pengetahuan paling tinggi di zamannya.


The Story Begins
Suatu hari Shahrzad dipertemukan dengan Sang Raja oleh ayahnya. Dia ditugaskan untuk menghabiskan waktu semalam bersama Sang Raja. Ketika malam tiba, Shahrzad meminta izin menemui saudarinya untuk mengucapkan salam perpisahan terakhir. Dinazade, saudarinya, secara diam-diam meminta Shahrzad untuk menceritakan dongeng kepada Raja pada malam itu.

Sesudah kembali ke kamar Raja, Shahrzad memulai cerita pertamanya. Karena merasa tertarik, Sang Raja akhirnya mendengarkan cerita Shahrzad dengan penasaran. Tidak terasa pagi sudah tiba, namun saat itu cerita belum selesai. Sang Raja menyuruh Shahrzad untuk menyelesaikan ceritanya. Namun dia menolak karena menurutnya malam adalah waktu yang paling tepat untuk menceritakan dongeng. Karena rasa ketertarikannya, Sang Raja memberikan waktu semalam lagi sebelum akhirnya Shahrzad dipancung.

Malam berikutnya, Shahrzad melanjutkan cerita tersebut dengan tenang. Kemudian dia menceritakan kisah lain yang lebih menarik dari cerita sebelumnya. Lagi-lagi pagi sudah tiba sebelum cerita tersebut selesai dan Sang Raja kembali memberikan waktu satu malam lagi untuk menyelesaikan cerita itu. Hal itu terus berlanjut hingga akhirnya pada malam ke 1001, Shahrzad menyatakan bahwa dia sudah membacakan semua 1001 kisah yang dia punya. Tanpa disadari, ternyata Sang Raja telah jatuh cinta pada Shahrzad dan tidak berniat untuk memancungnya. Sang Raja ternyata sudah berubah menjadi orang yang lebih bijaksana dan lebih baik karena inspirasi dongeng-dongeng Shahrzad. Akhirnya, Shahrzad resmi menjadi Ratu Persia dan mereka dianugerahi 3 orang anak.



Identitas Shahrzad
Sebenarnya hingga saat ini, siapakah sebenarnya wanita yang menjadi ratu legendaris ini. Karakter Shahrzad pertama kali muncul dalam buku kuno Persia yang berjudul Hezar-afsana.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa kemungkinan Shahrzad adalah Ratu Homay yang legendaris. Ratu Homay sendiri adalah putri dari Bahman dimana dia memiliki julukan Cehrzad atau Cehrazad.

Ibu dari Harun Al-Rashid yang bernama Al-Khayzuran juga diduga menjadi inspirasi dari tokoh Shahrzad.



Komentar