Yurei, Hantu Tradisional Jepang


Pic Source: Wikipedia

Yurei adalah sebuah sebutan bagi sosok makhluk halus yang terkenal di cerita rakyat Jepang. Mereka tidak menyebutnya hantu. Namanya terdiri dari 2 kanji yaitu yu yang berarti "samar" sedangkan rei berarti "roh" atau "arwah". Adapula sebutan lain untuk Yurei, yaitu Borei (arwah yang terpisah), Shiryo (arwah yang mati), dan Yokai.

Origins

Menurut kepercayaan tradisional, setiap manusia memiliki sebuah roh yang disebut reikon. Ketika seseorang meninggal, reikon akan meninggalkan badan manusianya dan masuk dalam bentuk purgatory (semacam alam roh dimana roh belum bisa pergi ke Surga atau Neraka). Kemudian mereka akan menunggu hingga tubuh mereka dimakamkan secara tepat dan upacara pemakaman dilaksanakan. Setelah itu mereka dapat bergabung bersama nenek moyangnya. Apabila tata cara tersebut terlaksana dengan sukses, reikon akan menjadi pelindung anggota keluarga yang masih hidup dan akan datang setiap bulan Agustus. Inilah sebabnya mengapa diadakan sebuah festival penghormatan yang disebut Festival Obon.

Transformasi Menjadi Yurei
Credits: samurairoma
Seseorang yang meninggal bisa saja menjadi Yurei dengan kriteria sebagai berikut:

1.) Meninggal secara tidak wajar atau karena kasus kekerasan (pembunuhan atau bunuh diri)
2.) Upacara pemakaman tidak terlaksana dengan tepat
3.) Terbawa emosi kuat seperti dendam, cinta, cemburu, benci atau berduka.

Seseorang yang berhasil bertransformasi ke wujud Yurei, dia dapat menyeberangi dari alam roh ke alam manusia secara bebas.


Penampilan
Pic Source: Wikipedia
Penggambaran wujud Yurei secara umum dilukiskan sebagai berikut:

1.) Kimono Putih: Yurei biasanya terlihat mengenakan kimono berwarna putih. Ini adalah sebagai lambang dari pemakaman zaman Edo. Mereka terkadang terlihat mengenakan hitaikakushi, semacam ikat kepala berbentuk segitiga.

2.) Rambut Hitam: Rambut Yurei umumnya terlihat hitam, panjang dan terurai.

3.) Tangan dan Kaki: Tangan Yurei terlihat terayun dengan lemas (dengan posisi seperti ingin menakut-nakuti). Dan kaki mereka tidak terlihat (disebabkan karena Yurei melayang di atas tanah).

4.) Hitodama: Kemunculan Yurei biasanya diiringi dengan munculnya Hitodama. Yaitu semacam bola api yang berwarna biru, ungu atau hijau.



Jenis-Jenis Yurei

Berikut daftar hantu yang bisa kita sebut sebagai Yurei:

1. Onryo
Credits: smokewithoutmirrors
Onryo adalah hantu pembalas yang kembali dari purgatory. Mereka biasanya akan membalas dendam kepada orang yang telah melakukan kesalahan padanya.

2. Ubume
Credits: derrewyn
Ubume adalah seorang wanita yang meninggal ketika sedang melahirkan atau sesudah melahirkan. Yurei ini akan sering berkunjung ke anaknya. Mungkin kita akan lebih mengenal dengan nama Kuntilanak di Indonesia.

3. Goryo
Credits: cthulu-hula
Goryo adalah Yurei pembalas yang berasal dari golongan ningrat (bangsawan). Terutama bagi mereka yang mengalami penganiayaan.

4. Funayurei
Adalah Yurei dari orang yang meninggal di lautan. Terkadang terlihat seperti manusia ikan (duyung).

5. Zashiki-warashi
Zashiki-warashi adalah Yurei yang berwujud anak-anak. Mereka terkadang nakal dan tidak berbahaya.

6. Yurei Samurai
Credits: helgephoenix
Mereka adalah Yurei dari veteran-veteran perang yang gugur dalam Perang Genpei. Tidak seperti Yurei lain, Samurai terlihat memiliki kaki.

7. Yurei Penggoda
Credits: Genzoman
Mereka biasanya terdiri dari pria atau wanita yang terlibat asmara dengan manusia (yang masih hidup).


Berburu

Yurei tidak bergentayangan secara bebas. Mereka biasanya berkeliaran di tempat-tempat tertentu seperti makam tempatnya disemayamkan dan tempat dia meninggal. Terkadang dia juga mengikuti orang tertentu seperti yang orang membunuhnya atau orang yang dicintainya. Masrakat Jepang percaya kemunculan Yurei adalah antara pukul 02.00-03.00 dini hari, dimana diyakini alam roh dan alam manusia pada posisi menjadi satu.

Yurei biasanya akan terus bergentayangan sebelum keinginan mereka terpenuhi. Beberapa Yurei yang kuat akan terus membunuh orang walaupun pembunuh aslinya sudah meninggal.


Pengusiran

Cara paling mudah untuk mengusir Yurei adalah dengan memenuhi keinginannya yang belum terwujud. Alasannya adalah ketika sebuah emosi kuat yang mengikat roh di bumi lenyap, maka Yurei akan melanjutkan perjalanan ke alam baka. Biasanya anggota keluarganyalah yang akan mengemban tugas ini hingga emosi Yurei benar-benar terlampiaskan. 



Komentar