Simbol-Simbol Halloween dan Makna Dibaliknya

Credit: www.tourismeoutaouais.com


Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. 

Halloween identik dengan setan, penyihir, hantu goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.


10. Sekam Jagung dan Seikat Gandum

Credit: toptenz


Mungkin benda tersebut terlihat asing? Namun pada perayaan Halloween sekam jagung dan seikat gandum sering di pakai dalam perayaan walaupun kurang terlihat menyeramkan. Jagung dan gandum adalah hasil pertanian yang menunjukkan pergantian musim, karena perayaan Halloween terjadi pada awal musim gugur. Dan simbol ini memiliki makna "Hari Libur".


9. Warna Hitam dan Oranye

Credit: toptenz


Warna hitam dan oranye identik dalam perayaan Halloween. Tapi kenapa harus hitam dan oranye? Hampir sama dengan yang di atas, oranye menunjukkan musim dimana hari Halloween tiba, yaitu musim gugur. Sedangkan warna hitam menunjukkan musim setelahnya, yaitu musim dingin.


8. Laba-Laba

Credit: http://photosof.org/

Jika kita berbicara mengenai simbol Halloween yang cukup menakutkan, laba-laba adalah salah satu contohnya. Tapi apa sebenarnya makna laba-laba dalam festival Halloween? Yup, seperti yang kita ketahui, laba-laba identik dengan jaring berombak, yang menurut kepercayaan kuno melambangkan perjalanan waktu, proses dan takdir. Juga alur laba-laba dalam membuat sarang menggambarkan siklus kehidupan makhluk hidup.



7. Kelelawar

Credit: wikia.nocookie.net


Kelelawar adalah binatang nokturnal, jadi sudah sepantasnya masuk sebagai simbol Halloween. Hal tersebut bermaksud menandakan pergantian dari musim gugur yang kelam ke musim dingin yang hitam. Masyarakat kuno juga mempercayai bahwa kelelawar adalah jelmaan dari vampir, sangat cocok sebagai dekorasi Halloween bukan?


6. Kucing Hitam

Credit: dragoart.com


Jika dari tadi kita berbicara soal pergantian musim, kali ini tentang sebuah kebudayaan kuno yang dulu diyakini. Bahwa pada malam Halloween, batas antara dunia nyata dan alam roh sangat tipis, arwah-arwah dari orang yang meninggal akan bergentayangan pada malam Halloween. Masyarakat Celtic kuno percaya bahwa kucing hitam adalah jelmaan dari orang yang sudah meninggal. Untuk itulah kenapa simbol kucing hitam ini cukup menyeramkan dipakai dalam festival Halloween.


5. Kerangka

Credit: Vinne Nine

Masih dalam topik yang serupa seperti kucing hitam, kerangka manusia masuk sebagai simbol Halloween yang paling cocok. Kerangka dalam berbagai kebudayaan melambangkan akhir kehidupan, kehidupan fana manusia, kematian. Dukun Celtic kuno, atau yang biasa dinamakan Druid, percaya bahwa kerangka adalah bentuk fisik dari jiwa manusia.


4. Hantu

Credit: hdwallpapersinn


Sekarang semakin seram. Dulu masyarakat Celtic kuno memiliki nama lain terhadap Halloween yaitu "festival kematian". Mereka percaya bahwa arwah dari nenek moyang mereka turut serta dalam perayaan malam Halloween, sehingga simbol hantu mereupakan salah satu yang paling cocok dalam festival Halloween.


3. Topeng dan Kostum

Credit: halloweenpartyandcostumeideas.com


Berbicara mengenai hantu, akan jadi seperti apa Halloween tanpa kostum seram? Kembali ke masa lalu, para kaum Celtic kuno memakai kostum dengan keyakinan bahwa hal itu akan mengelabui para hantu. Karena jika kalian berdandan seperti hantu, maka hantu akan berhenti mengganggumu karena kalian sama.


2. Jack O'Lantern

Credit: thisiscolossal.com


Jack O'Lantern atau Lentera Jack adalah sebuah hiasan berupa labu yang diukir, kemudian ditempatkan sumber cahaya (biasanya lilin) di dalam labu tersebut. Sebenarnya simbol ini memiliki kisah yang cukup panjang. Singkatnya, labu tersebut merupakan lentera yang dipakai Jack, seorang petani terkutuk karena telah menipu iblis, dalam mencari jalan ke alam kematian.



1. Penyihir Wanita

Credit: wallpaper-mobile.com


Oke sebelumnya saya berpesan, jangan terpengaruh gambar di atas. Apa kostum yang cocok untuk para gadis? Yap, penyihir sangat cocok bagi mereka yang ingin merayakan Halloween. Kembali ke latar belakang masa lalu, penyihir adalah sesorang yang memiliki kemampuan diluar batas kemampuan manusia biasa. Namun identik sebagai praktek ilmu hitam. Dahulu penyihir sangat ditakuti karena konon, mereka suka menculik anak-anak dan memakan mereka. Dalam Halloween, penyihir melambangkan "kekuatan".


Penutup



Pada intinya, selalu ada makna dibalik sebuah kisah.
Seperti yang kita ketahui, dalam menjalani hidup selalu ada sisi baik dan buruk, terang dan gelap, awal dan akhir. Dari sudut pandang TS, tradisi perayaan Halloween mengajarkan kepada manusia agar selalu berbuat layaknya manusia karena kita tidak pernah tahu kapan kita akan kembali kepada Sang Pencipta.





Komentar