Cerberus, Gate Guardian of The Underworld


Name: Cerberus
Orang Tua: Thyphoon dan Echidna
Saudara: Orthrus
Nature: Underworld

Cerberus adalah monster yang muncul dalam mitologi Yunani dan Roma. Pada umumnya digambarkan sebagai anjing berkepala tiga. Cerberus dikenal sebagai penjaga gerbang Underworld yang tidak akan membiarkan siapapun keluar tanpa seizin Hades.



Origins of Cerberus
Cerberus adalah keturunan dari Echidna dan Typhoon dan saudaranya adalah Orthrus. Cerberus merupakan monster berupa anjing raksasa dengan tiga kepala (biasanya dikisahkan bahwa ekornya berupa ular). Cerberus merupakan anjing yang dipelihara oleh Hades dan ditempatkan di gerbang masuk Underworld dan tidak akan membiarkan orang yang mati kabur (kecuali dengan izin Hades).


Cerberus dan Heracles
Dalam kisah Labours of Heracles, diceritakan bahwa tugas terakhir dari Raja Eurystheus untuk Heracles adalah membawa Cerberus kehadapan sang Raja. Demi mengemban tugas terakhir ini, Heracles berjuang masuk ke Underworld dan menemui Hades untuk meminta izin membawa Cerberus ke permukaan. Hades mengizinkannya namun dengan syarat bahwa Heracles harus menaklukan Cerberus tanpa menggunakan senjata.

Dengan susah payah, Heracles berhasil melumpuhkan Cerberus tanpa senjata dan membawanya ke hadapan Raja Eurystheus. Sang raja begitu ketakutan ketika melihat Cerberus dan menyuruh Heracles untuk mengembalikannya kembali ke Underworld.



Cerberus In Modern Era
Cerberus muncul dalam berbagai literatur dari berbagai penjuru dunia dimana terkadang digambarkan bahwa dia memiliki lebih dari 3 kepala.

Cerberus juga menjadi objek seni yang terkenal seperti patung dan lukisan.

Cerberus muncul dalam film-film fantasi seprti Petualangan Herkules dari Disney dan beberapa film lain.

Games-games bertemakan Dungeon sering memunculkan Cerberus sebagai monster yang sulit untuk dikalahkan.

Referensi:


Komentar